Minggu, 03 Oktober 2010

Kelompok

Dalam pembahasan tentang dinamika kelompok, saya telah menjabarkan secara singkat tentang pengertian kelompok. Tapi dalam tulisan kali ini, saya akan lebih banyak lagi membahas tentang pengertian kelompok yang menekankan pada interaksi interpersonal, persepsi keanggotaan, kesalingtergantungan, tujuan, motivasi, organisasi terstruktur, serta saling berpengaruh.berikut penjabarannya :

1. Interaksi Interpersonal
Kelompok adalah sejumlah individu berkomunikasi satu dengan yang lain dalam jangka waktu tertentu yang jumlahnya tidak terlalu banyak, sehingga tiap orang dapat
berkomunikasi dengan semua anggota secara langsung. (Homans – 1950 )

2. Persepsi Keanggotaan
Kelompok sosial adalah satu unit yang terdiri dari sejumlah organisme yang mempunyai persepsi kolektif tentang kesatuan mereka dan mempunyai kemampuan untuk berbuat dan bertingkah laku dengan cara yang sama terhadap lingkungan. ( Smith – 1945 )

3. Kesaling tergantungan
Kelompok itu sekumpulan individu yang mempunyai hubungan antar anggota yang satu dengan yang lain yang membuat mereka saling tergantung dalam tingkatan tertentu. (Cartwright dan Zender – 1968)

4. Tujuan
Kelompok adalah satu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang bekerja sama atau melakukan kontak untuk mencapai satu tujuan dan yang mempertimbangkan kerjasama diantara kelompok sebagai satu yang berarti. (Mills – 1967)

5. Motivasi
Kelompok adalah sekumpulan organisme yang saling berhubungan satu dengan lain untuk memenuhi kebutuhan tiap anggota. (Catell – 1951)

6. Organisasi Terstruktur
Organisasi sebagai kelompok adalah system terorganisasi dimana ada dua orang atau lebih individu yang berhubungan dalam fungsi yang sama, mempunyai seperangkat standar tentang hubungan peran anggota dan mempunyai morma yang mengatur tingkah laku anggota kelompok. (Mc David dan Harari)

7. Mutual Influence
Dua atau lebih individu yang berinteraksi satu
dengan yang lain dimana masing-masing anggota mempengaruhi
satu dengan yang lain. (Shaw – 1979)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar